Batam

STQ VIII Tingkat Kota Batam Resmi Dimulai, Diikuti 240 Peserta – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) VIII Tingkat Kota Batam Tahun 2021 digelar di Dataran Engkuputri, Selasa (16/3/2021) malam. STQ VIII akan digelar hingga Sabtu (20/3/2021) mendatang.

Pembukaan STQ itu ditandai dengan pemukulan kompang bersama oleh Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Walikota Batam Muhammad Rudi, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, Sekda Kota Batam Jefridin Hamid bersama Forkompinda Kota Batam.

Walikota Batam, Muhammad Rudi teringat awal dirinya menjadi Walikota Batam pada periode pertama lima tahun lalu. Saat itu Batam berhasil menjadi juara umum STQ Tingkat Provinsi Kepri.

Momentum mengawali periode kedua memimpin Batam bersama Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad ini, dia bertekad ingin mengembalikan capaian juara umum kembali ke Kota Batam.

“Saya meminta STQ VIII Batam dapat dijalankan dengan baik dan seadil-adilnya. Seleksi yang baik akan menghasilkan para wakil terbaik dari kafilah Batam yang akan berlomba di STQ Kepri nantinya,” ucap Rudi.

Sementara itu, ketua panitia STQ VIII Tingkat Kota Batam Jefridin Hamid menyampaikan, STQ VIII dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta dan dewan hakim diwajibkan melampirkan hasil rapid test bebas Covid-19.

“Demikian pula halnya kepada para pengunjung berbagai cabang dibatasi dengan jarak, memakai masker dan cek suhu,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam itu.

Dijelaskannya, peserta STQ VIII tingkat Kota Batam itu adalah peserta terbaik dari STQ tingkat kecamatan se-Kota Batam yang berjumlah 240 orang.

Setiap kecamatan masing-masing 20 orang. Sementara dewan hakim dipilih berdasarkan keahlian dan pengalaman di bidangnya.

Cabang lomba terdiri dari enam cabang. Pertama, Cabang Tilawah Al-Qur’an meliputi golongan anak-anak putra dan putri, golongan dewasa putra dan putri.

Kedua, cabang Tahfidz Al-Qur’an meliputi; Golongan 1 Juz dan Tilawah Putra dan Putri, Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra dan Putri, Golongan 10 Juz Putra dan Putri, Golongan 20 Juz Putra dan Putri serta Golongan 30 Juz Putra dan Putri.

Ketiga, cabang Tafsir Al-Qur’an meliputi Golongan Bahasa Arab Putra dan Putri. Keempat, Cabang Musabaqah Hadist Nabi meliputi Golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad Putra dan Putri serta Golongan Hafalan 100 Hadits Tanpa Sanad Putra dan Putri.

“Selain itu juga ada cabang qasidah rebana dan cabang stand bazar,” imbuhnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas