Karimun

Danlanal Karimun Turut Padamkan Karhutla di Meral Barat – Kepri Terdepan


KARIMUN (HK)-Kasus kebakaran hutan dan lahan mulai banyak terjadi Karimun. Apalagi, saat ini musim kemarau panjang. Membuang puntung rokok sembarangan saja, akan mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Untuk menghindari terjadinya meluasnya kasus kebakaran di Karimun, maka Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi meminta kepada masyarakat untuk jangan membakar sampah sembarangan. Kemudian, dia juga mengingatkan untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan.

“Saat ini lagi musim kemarau. Saya imbau kepada warga agar tidak membakar sampah sembarangan, jangan membuang puntung rokok sembarangan. Sebab, membakar lahan dan hutan akan ditindak pidana dan diproses hukum oleh pihak berwenang,” ujar Danlanal Maswedi di Tanjungbalai Karimun, Senin (1/3/2021).

Danlanal menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Meral Barat. Bahkan, Danlanal bersama pimpinan FKPD di Karimun turun ke lokasi kebakaran yang berada di Kelurahan Darussalam, pada Ahad (1/3/2021).

Bukan hanya sekedar turun ke lokasi, Danlanal bahkan turut memadamkan kobaran api bersama unsur FKPD Karimun lainnya.

Sumber api diduga berasal dari belakang rumah warga di lokasi kejadian atas nama Sulisgianto (42). Saat itu, Sulisgianto membersihkan lahan belakang rumah dengan cara membersihkan dan membakar sampah.

Agar api tidak sampai meluas, maka 1 unit mobil Damkar milik Pemkab Karimun tiba di lokasi melaksanakan pemadaman dibantu oleh warga sekitar. Hasil pemadaman, titik api sudah mulai mengecil yang menyisakan asap.

“Kejadian kebakaran di Darussalam ini harus menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Karimun untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Sebab, pelaku pembakaran akan langsung ditindak secara hukum,” pungkasnya. (ham)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas