Tanjung Pinang

Pemko Tanjungpinang Prioritaskan Program yang Berdampak Langsung ke Masyarakat – Kepri Terdepan


Tanjungpinang (HK) – Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S. IP mengimbau agar setiap OPD memrioritaskan program yang berdampak langsung ke masyarakat. Hal tersebut disampaikan ketika membuka Forum Perangkat Daerah Kota Tanjungpinang Tahun 2021 yang mengambil tema Peningkatan Investasi, Penanggulangan kemiskinan dan Reformasi Birokrasi, bertempat di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Lantai 3 Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin, (1/3/2021).

Rahma mengatakan, proses penyusunan RKPD tahun 2022 telah memasuki tahap pembahasan forum perangkat daerah.

“Forum OPD ini kita azamkan untuk menyatukan pandangan, pikiran dan langkah-langkah kedepan untuk meningkatkan pembangunan daerah di Kota Tanjungpinang Tahun 2022,” ujar Rahma.

Forum OPD ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam konteks pembangunan manusia secara komprehensif.

“Pada kesempatan ini kita bersama bertukar pemikiran, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk mengintegrasikan, mendialogkan pikiran dan pandangan masing-masing guna mempercepat akselerasi pembangunan Kota Tanjungpinang, dan bekerja sekuat tenaga karena tantangan ke depan yang kita hadapi akan semakin berat,” tambah Rahma.

Lebih lanjut Rahma menjelaskan, Forum Perangkat Daerah harus bisa menjadi wadah dan media interaktif bagi stakeholder dalam menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya. Sebagai sarana membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel, harus dimulai dari perencanaan yang baik.

“Perlu adanya penyelarasan program-program pembangunan daerah yang bersumber dari APBD Kota, Propinsi, maupun APBN, serta sumber dana lainnya seperti CSR”, jelasnya.

Walikota Tanjungpinang juga menyampaikan untuk kegiatan pembangunan daerah yang perlu diintegrasikan dengan program dan kegiatan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, supaya dikoordinasikan dengan Provinsi dan Kementerian atau lembaga terkait.

“Untuk setiap OPD diharapkan mampu melakukan koordinasi dengan Kementerian dan memperjuangkan program yang berdampak langsung dengan masyarakat yang bersumber dari dana APBN. Mulai tahun ini kita harus bergerak cepat, agar kegiatan yang berhubungan dengan pemulihan ekonomi dapat segera terlaksana dengan baik,” tutup Rahma.

Forum Perangkat Daerah dihadiri oleh Kepala BPS Kota, Asisten, Staf Ahli, kepala OPD, kabag, serta Camat. Selain itu diikuti secara virtual oleh pejabat esselon 3 dan 4 di lingkungan masing-masing.(r/zuk)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas