Karimun

Dear Warga Batam, Sekarang Buat Paspor Bisa di Mall Botania 2 – Kepri Terdepan


BATAM (HK) – Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam membuka tempat pelayanan pengurusan paspor di lantai 2 Mall Botania 2 Batam, Kecamatan Batam Kota.

Kepala Bidang (Kabid) Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Ari Wibisono mengatakan, pembukaan tempat pelayanan paspor di Mall Botania 2 Batam itu bertujuan untuk mendekatkan Imigrasi kepada masyarakat.

Yakni terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah Nongsa, Punggur dan Kabil. Dimana sambil jalan-jalan atau belanja di Mall, masyarakat bisa sekalian melakukan pengurusan paspornya, terutama adalah untuk pembuatan baru dan perpanjangan.

“Kami juga sangat mengutamakan protokol kesehatan, karena saat ini kita masih ditengah pandemi Covid-19,” ucap Ari Wibisono kepada awak media saat pembukaan layanan perdana paspor di Mall Botania 2 Batam, Rabu (2/12/2020).

Disampaika Ari Wibisono, sesuai kesepakatan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam dengan PT Fanindo selaku pengelola Mall MB 2, selama 1 bulan ini pihaknya akan melakukan uji coba membuka pelayanan.

Sembari menunggu kesiapan kesisteman dan jam operasional Mall tersebut, agar pihaknya juga bisa menentukan jam layanan dan kuota yang akan diberikan kepada masyarakat.

“Untuk sementara waktu pelayanan keimigrasian disini akan dibuka selama 3 kali dalam seminggu, yakni dihari Senin, Rabu dan Jum’at pada pukul 13.00-17.00 Wib dengan kuota 20 pemohon per harinya,” ujar Ari Wibisono.

Lanjutnya, untuk pelayanan keimigrasian di Mall Botania 2 itu, hanya untuk pelayanan pembuatan paspor baru dan penggantian paspor habis berlaku.

Sekarang ini untuk pengurusan permohonan paspor baru tidak sulit, syaratnya ialah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Lahir, atau Ijazah atau buku nikah.

“Sementara kalau untuk perpanjagan denga melampirkan paspor lamanya. Dokumen yang dibawa juga harus yang asli dan foto Copy A4, karena kami perlu cek berkas aslinya,” tuturnya.

Ditambahkannya, untuk pelayanan paspor di Kota Batam saat ini sudah ada 4 tempat dan masyarakat bisa memilih sesuai yang diinginkannya, yakni di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam, Mall Pelayanan Publik (MPP), Habour Bay dan yang terbaru di Mall Botania 2.

“Saya berharap dengan dibukanya pelayanan Keimigrasian di Mall Botania 2 Batam ini, dapat menjangkau masyarakat di Kota Batam khususnya di daerah Nongsa, Kabil, Punggur dan sekitarnya dalam melaksanakan pelayanan keimigrasian,” tutupnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas