Karimun

BP Batam Konsen Penghijauan DTA – Kepri Terdepan


Badan Pengusahaan (BP) Batam selalu memberikan perhatian besar pada hutan lindung dan area sekitar waduk atau Daerah Tangkapan Air Waduk (DTA) di Batam. Kenapa? Soalnya, area ini merupakan bersentuhan langsung dengan air baku di Batam. Air baku merupakan jantung bagi seluruh aktifitas masyarakat di Batam.

“Penghijauan di DTA Waduk di Batam, terutama Waduk Duriangkang merupakan sebuah keharusan. Karena sebagian besar pasokan air baku di Batam berasal dari waduk ini,” ujar General Manager Sumber Daya Air, Limbah dan Lingkungan BP Batam, Ibrahim Koto, saat BP Batam bersama Jasa Raharja melakukan penanaman pohon bersama, pada Jumat (27/11/2020) pagi di Duriangkang, Batam.

Ibrahim, mengatakan, selain penghijauan, BP Batam juga telah melakukan pemasangan pagar pada sebagian Waduk Duriangkang sebagai langkah preventif perusakan DTA.

Ia juga menjelaskan pentingnya penghijauan di DTA untuk menjaga ketersediaan air baku di Waduk.

“Prinsipnya, air yang terserap di DTA pada akhirnya akan mengalir ke waduk. Sehingga, di saat air waduk kita berkurang karena terus digunakan oleh kebutuhan rumah tangga dan industri, DTA yang terjaga kandungan airnya, mampu menjadi sumber cadangan air yang akan memenuhi waduk,” jelas Ibrahim.

Ia berharap kegiatan penghijauan yang dilakukan itu bisa berlanjut di masa mendatang dan menjadi inspirasi bagi instansi dan komunitas penghijauan di Batam, sebagai wujud kepedulian menjaga keseimbangan pasokan air baku di Batam. (hkc/adv)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas