Tanjung Pinang

Pemprov Kepri Bakal Gunakan Tandatangan Elektronik – Kepri Terdepan


Tanjungpinang (HK) – Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas kerja pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Provinsi Kepri berencana menerapkan penggunaan tanda tangan elektronik.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kominfo Provinsi Kepri, Drs. Zulhendri, M.Si di Tanjungpinang, Jumat (12/3).

Dikatakan Zulhendri, dengan menggunakan tandatangan elektronik ini, dapat meningkatkan efektivitas kerja pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi.

“Sehingga kedepan, pejabat bisa menandatangani dokumen dari mana saja,” ujar Zulhendri

Zulhendri mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan ujicoba untuk pejabat eselon III dan IV di lingkungan Diskominfo Kepri.

“Setelah berhasil, nanti akan kita dorong untuk Pak Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda serta kepala OPD lain,”tambah Zulhendri.

Dengan tandatangan elektronik ini, penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemprov Kepri akan berjalan lebih efektif dan efisien.

“Pasalnya, pejabat tidak harus berada di kantor untuk menandatangani dokumen. Sehingga dimanapun berada, Pak Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda atau kepala OPD bisa tandatangan. Nanti akan kita sosialisasikan. Tidak perlu lagi tandatangan basah. Lebih efektif dan efisien, juga lebih aman karena data tersimpan dengan tingkat keamanan sangat tinggi,” jelas Zulhendri.

Untuk merealisasikan tandatangan elektronik ini, Dinas Kominfo Kepri bekerjasama dengan Badan Sandi Negara (BSN). Dimana keamanan tandatangan elektronik ini dilindungi dengan verifikasi sidik jari dan juga kata sandi.

Untuk tahap awal, tandatangan elektronik ini akan digunakan di Dinas Kominfo Kepri, Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal PTSP. (efr)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas