Karimun

Obat Rumahan yang Bisa Redakan Batuk – Kepri Terdepan


Musim hujan seperti sekarang batuk dan pilek merupakan penyakit yang umum terjadi. Kondisi tentu membuat rasa tidak nyaman.

Batuk biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Tetapi untuk meredakannya, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas atau mencoba pengobatan rumahan. Melansir Times of India, berikut 5 bahan rumahan yang bisa Anda jadikan pengobatan untuk meredakan batuk.

Madu

Menurut sebuah penelitian, madu lebih efektif dalam mengobati batuk dibandingkan dengan obat bebas (OTC) lainnya. Sifat antioksidan, antimikroba, dan antiradangnya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Ini efektif untuk orang-orang dari semua kelompok umur. Namun, tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah 1 tahun karena dalam beberapa kasus dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

Petunjuk: Campurkan 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat. Minum dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

Bawang putih

Banyak yang tidak mengonsumsi bawang putih karena baunya yang menyengat, tetapi percayalah bahwa bawang putih adalah salah satu makanan tersehat yang ada di dapur Anda.

Bawang putih mengandung senyawa yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Petunjuk: Panggang satu siung bawang putih cincang dan makan dengan satu sendok madu sebelum tidur. Anda juga bisa menggoreng bawang putih cincang dalam ghee dan menambahkannya ke makanan Anda. Ini akan meredakan batuk dan membantu pencernaan.

Jahe

Jahe adalah makanan super yang dapat membantu meredakan beberapa penyakit kesehatan termasuk mual, pilek, flu dan batuk. Sifat anti-inflamasi dari akar ini dapat mengendurkan selaput di saluran udara dan mengurangi batuk.

Berdasarkan studi gingerol pada 2013, senyawa kimia dalam jahe mampu menekan hiperresponsif saluran napas yang dapat memicu gejala asma termasuk batuk.

Petunjuk: Minum teh jahe hangat atau jus jahe dengan madu dan bubuk lada hitam adalah salah satu solusi paling efektif untuk mengobati batuk. Hindari menambahkan terlalu banyak jahe ke dalam makanan Anda karena dapat menyebabkan sakit perut dan mulas.

Nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang dianggap obat batuk yang efektif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa enzim ini dapat membantu menekan batuk dan mengencerkan lendir di tenggorokan Anda.

Buah ini membantu meringankan masalah sinusitis dan alergi berbasis alergi, yang sering kali menyebabkan batuk. Selain itu, nanas terkadang juga digunakan untuk mengobati peradangan dan pembengkakan.

Petunjuk: Saat menderita batuk, makan sepotong nanas atau minum 250 ml jus nanas segar dua kali sehari. Pastikan buah dan jus Anda tidak dingin karena dapat meningkatkan iritasi.

Kunyit

Kunyit adalah bumbu umum yang ditemukan di setiap rumah tangga dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Curcumin yang terkandung di dalamnya dikenal dengan sifat antivirus, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Petunjuk: Tambahkan 1/4 sendok teh kunyit ke dalam segelas susu hangat dan minum sebelum tidur.*

(sumber: okezone.com)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas