Karimun

Kenapa Waduk Begitu Penting Bagi Batam? – Kepri Terdepan


Waduk-waduk yang ada di Batam merupakan tempat untuk menampung air baku. Air baku inilah yang kemudian diolah menjadi air bersih dan didistribusikan ke seluruh sektor guna menunjang semua aktifitas masyarakat.

Waduk ini sangat penting bagi Batam. Kenapa? Karena, Batam tidak memiliki mata air dan sungai. Sebab itu, waduk di Batam hanya memiliki satu fungsi (single purpose) yakni penampung air baku. Sebab itu, aktifitas di sekitar waduk tidak diperbolehkan. Jika ada aktifitas, akan berdampak buruk terhadap kualitas air baku.

Manajer Air Baku Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Hadjad Widagdo, mengungkapkan, waduk di Batam hanya mengandalkan air hujan.

Waduk dan air bagi Batam bagaikan sebuah “jantung”. “Tanpa air, seluruh aktifitas masyarakat akan lumpuh.

“Waduk-waduk di Batam adalah milik masyarakat Batam. Waduk dan airnya sumber kehidupan. Tidak boleh dirusak,” ucapnya lagi

“Waduk merupakan objek vital. Waduk adalah jantung kehidupan seluruh warga Batam. Jika waduk rusak, maka tersendat pula aktifitas masyarakat di Batam. Untuk itu, mari bersama-sama menjaga waduk di Batam.” (hkc/adv)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas