Karimun

RS Rujukan Covid-19 Penuh, Rusun BP Tanjung Uncang Jadi Rumah Sakit Darurat – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Meningkatnya jumlah pasien positif covid-19 di Batam membuat 14 rumah sakit rujukan di Batam penuh. Diketahui, saat ini jumlah pasien covid-19 di Batam berjumlah 1.430 orang,

“Semua rumah sakit rujukan sekarang sudah full termasuk RSKI Galang, makanya kita jadikan Rusun BP Batam di Tanjung Ucang sebagai rumah sakit darurat tambahan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Kamis (24/9/2020).

Dikatakan Didi, Rusun BP di Tanjung Uncang itu dijadikan rumah sakit darurat mulai dioperasikan hari ini, Kamis (24/9/2020). Untuk para petugas kesehatannya sementara adalah dari Dinas Kesehatan Kota Batam saja.

“Karena penambahan pasien positif Covid-19 saat ini kebanyakan adalah asimptomatik dan itu tidak membutuhkan rawat khusus. Tapi untuk pasien Covid-19 yang disertai penyakit bawaan, tetap dilarikan ke rumah sakit rujukan yang ada,” ucap Didi.

Sebelumnya disampaikan Didi, dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster dapat disimpulkan sementara jika saat ini adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan diberbagai aktifitas sehari-hari.

“Sehingga hal ini nantinya memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import,” imbuhnya.

Berdasarkan data jumlah pasien positif Covid-19 yang sedang dalam perawatan dirumah sakit 661 orang. Yaitu di RSBP Batam 31, RS Elisabeth Lubuk Baja 24, RS Elisabeth Batam Kota 6, RS Elisabeth Sei Lekop 1.

Selanjutnya di RSUD Embung Fatimah 50, RS Budi Kemuliaan 14, RS Harapan Bunda 3, RS Graha Hermin 1, RS Bhayangkara 8, RS AwalBros 32, RS Soedarsono Darmosoeito 3, Isolasi Mandiri 6, RSKI Galang 482 dan Persiapan Evakuasi ke RS 21. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas