Anambas

Pilkada di Anambas, Ini Pasangan Kompetitor Petahana dari Jalur Independen – Kepri Terdepan


Anambas (HK) – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 di Anambas dipredikasi akan menarik. Pasalnya, calon petahana, Haris-Wan bakal bertemu kompetitor, setelah pasangan Ir. Fachrizal-Johari, SH (IJO) lolos melalui jalur independen.

Jupri Budi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Anambas mengatakan, dari rapat pleno rekapitulasi verifikasi faktual yang digelar, Selasa (21/7/2020) calon perseorangan pasangan Ichal-Johari lolos.

“Setelah lolos verifikasi faktual Pasangan Ichal-Johari dapat mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati pada September mendaftar,” ujar Budi, Rabu (22/7/2020)

Budi mengungkapkan, pasangan Ichal-Johari lolos setelah meraup total dukungan sebesar 3518. Namun demikian, pasangan tersebut masih dapat mendapat dukungan partai.

“Apabila dilihat dari PKPU no 1 tahun 2020, dimana pasal 34 sudah di hapus (yang melarang) maka dibolehkan juga diusung oleh partai walaupun menggunakan jalur independen,”jelasnya.

Lebih jauh ia menyampaikan, Untuk pasangan yang juga maju lewat jalur independen yakni Sarivan-Arman memperoleh dukungan 1769, dan belum memenuhi syarat. Namun demikian pasangan tersebut diberikan kesempatan untuk memperbaiki dukungan,

“Pasangan Sarivan-Arman diberikan waktu perbaikan dari tanggal 25 sampai dengan 27 Juli mendatang,”jelasnya.

Budi menambahkan, bahwa sarat minimal dukungan itu sebesar 3153. Sedangkan dukungan yang diperoleh sebesar 1769, jadi kekurangannya sebesar 2768 ,”tuturnya.

Saat ini, sambung dia, KPU masih menunggu perbaikan pasangan Sarivan-Arman apabila ini clear maka tinggal pembukaan pendaftaran yang akan dilakukan pada bulan September. (yud)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas