Lingga

Wabup Lingga Panen Padi di Desa Lanjut – Kepri Terdepan


Lingga (HK) – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, bersama Ketua Komisi III DPRD Lingga, Neko Wesha Pawelloy, ikut serta panen padi di persawahan Desa Lanjut. Panen kali ini adalah untuk yang ke empat kalinya di Kecamatan Singkep Pesisir, Kamis (27/08/2020).

Dalam panen bersamaitu, ada sekitar 2 hektar lahan sawah yang dipanen dengan perkiraan 4,5 hingga 4,8 ton gabah yang dihasilkan per hektar nya.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, mengapresiasi semangat para petani dan pemerintah Desa Lanjut dalam mengelola lahan sawah tersebut.

“Alhamdulillah hasilnya kali ini sangat baik dan ada kenaikan yang sangat signifikan. Ini membuktikan bahwa kita mampu untuk mengolah persawahan kita,” ungkap Nizar.

Ia menilai, dengan hasil panen yang semakin positif, menunjukkan bahwa lahan sawah di Desa Lanjut memang cocok untuk ditanami padi dengan varietas impago 8 ini.

Nizar juga mengatakan, untuk panen padi kali ini hasilnya nanti untuk dijadikan bibit kembali, bukan hanya untuk di Kabupaten Lingga, namun juga akan dipakai di Kabupaten Natuna.

“Jadi, hasil panen kali ini, semuanya akan dijadikan bibit, dimana sebagian bibit ini nantinya akan kita kirim ke Kabupaten Natuna dan sebagiannya lagi akan kita gunakan sendiri untuk di Kabupaten Lingga,” terang Nizar.

Ia juga menjelaskan Kabupaten Lingga satu-satunya di Kepri yang padinya bisa dijadikan benih, karena hanya benih padi di Lingga lah yang lulus uji sertifikasi untuk dijadikan benih.

“Jadi, kita harus terus optimis, bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh, Insya Allah akan berhasil semua,” ucapnya.

Kepala Bidang Pertanian, Dinas pertanian dan ketahanan pangan Lingga, Hernowo, S.P, membenarkan padi yang dipanen kali ini akan dijadikan benih untuk penanaman kembali.

Bibit padi yang dipanen menggunakan varietas impago 8 atau Gogo dan menggunakan pola tanam jajar legowo 2:1.

Hernowo mengungkapkan, ada kenaikan hasil gabah yang signifikan terhadap panen kali ini, pada panen ketiga dulu hasil panennya sekitar 3,8 ton per hektarnya namun sekarang mencapai 4,8 ton per hektarnya.

Hadir juga pada acara panen tersebut, Kabid pertanian, Dinas pertanian Provinsi Kepri, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga, Camat Singkep Pesisir, Kades Lanjut, penyuluh Pertanian serta masyarakat petani Desa Lanjut. (jfr)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas