Bintan

Sekolah di Bintan Segera Dibuka, Ini Syaratnya – Kepri Terdepan


Bintan (HK) – Ada kabar gembira bagi para pelajar yang sudah kangen belajar di ruang kelas sekolah, dalam waktu dekat sekolah di Bintan akan segera dibuka.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan Tamsir menerangkan, sesuai dengan perubahan SKB bersama 4 menteri, daerah yang berada pada zona hijau dan kuning diperbolehkan membuka sekolah.

“Bintan sendiri berada pada zona kuning. Untuk di kita, rencana sekolah akan kembali dibuka pada pertengahan September mendatang,” ujar Tamsir, Selasa (25/8/2020) siang.

Namun demikian, rencana untuk kembali membuka sekolah dari jenjang PAUD hingga SMP harus memenuhi syarat. Tamsir mengatakan, syaratnya dalam waktu satu bulan kedepan tidak ada penambahan kasus Covid-19 yang signifikan.

Sesuai rencana, jenjang sekolah yang pertama kali dibuka ialah SMP kemudian SD dan TK/PAUD.
“Pertama kita buka SMP, satu bulan kemudiannya baru SD dan barulah PAUD serta TK. Memang bertahap,” timpalnya.

Berkenaan dengan sistem masuk sekolahnya, Tamsir menjelaskan, setiap siswa masuk sekolah maksimal 3 hari dalam sepekan. Dalam satu ruang kelas, kata dia, maksimal bisa diisi 15 s.d 20 siswa.

“Tidak ada jam istirahat, dan maksimal 4 jam setiap hari pulang dipercepat,” sebutnya.

Selain itu, sekolah juga diwajbkan menyiapkan sarana prasarana untuk menunjang protokol kesehatan seperti menyiapkan hand sanitizer, masker, alat pengukur suhu, penyemprot disinfektan.

“Semua disiapkan menggunakan anggaran dan BOSNas,” tandasnya.

Terakhir, Tamsir mengatakan, SOP mengenai sistem belajar disekolah dimasa pandemi Covid-19 sudah dibuat dan tinggal dilaksanakan sekolah-sekolah.

“Yang terpenting ada tatap muka dengan guru, karena proses pendidikan usia pendidikan dasar adalah sentuhan dari guru secara langsung. Guru melakukan bimbingan, penguatan pendidikan budi pekerti dan pendidikan karakter, sedangkan materi pelajaran dapat di pelajari dirumah, dimana saja dan kapan saja,” terangnya. (oxy)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas