Batam

Penderita DBD di Batam Meningkat – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam selain berjibaku dalam pananganan covid-19, juga fokus mengantisipasi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Batam, sejak awal 2021 hingga sekarang, warga Batam yang terjangkit DBD 174 orang. Angka tersebut meningkat dibanding periode yang sama pada 2020.

“Dari Januari 2021 sampai sekarang ini jumlah warga Batam yang terjangkit DBD tercatat sebanyak 174 kasus,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Jumat (12/3/2021).

Dijelaskan Didi, kasus yang paling tertinggi itu terjadi pada Januari yakni sebanyak 87 kasus. Sementara di Februari ada 78 kasus dan pada Maret ini sudah 9 kasus.

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Batam untuk penanganan kasus DBD tersebut, salah satunya dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Sampai peran juru pemantau jentik (jumantik) dengan programnya, yakni gerakan 1 rumah 1 jumantik. Tugas para jumantik ini menjadi mitra puskesmas dalam mencegah dan menurunkan angka penyakit DBD.

“Selain itu, kader ini juga bertugas untuk memantau kondisi lingkungan sekitar dari penyebaran penyakit melalui kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” jelasnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas