Batam

Pelabuhan Tangguh Domestik Sekupang Sediakan Kapal dan Mobil Ambulance Siaga Covid-19 – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Sekarang pelabuhan Tangguh Domestik Sekupang menyediakan kapal dan mobil ambulance siaga Covid-19 yang standby 24 jam. Gunanya adalah untuk membantu masyarakat yang terjangkit Covid-19.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam, AKP Budi Hartono saat launching pelabuhan tangguh Domestik Sekupang tersebut, Jumat (5/1/2021).

Disampaikan Hartono, sebab pelabuhan Domestik Sekupang itu dicanangkan sebagai pelabuhan tangguh karena aktivitas masyarakat di pelabuhan tersebut lumayan cukup banyak hingga saat ini.

Maka dari itu perlu ditangguhkan, yakni pertama tangguh dikesehatan dalam penanganan Covid-19. Dimana fasilitas untuk calon penumpang sudah diatur sesuai protokol kesehatan.

“Disediakan juga tempat cuci tangan, disiagakan petugas untuk cek suhu dan surat-surat kesehatan calon penumpang. Jika ditemukan penumpang yang bergejala Covid-19 maka langsung dibawa mengunakan mobil ambulance kerumah sakit,” ucap Hartono.

Selain itu jelas Hartono, pihaknya juga membantu masyarakat yang ada di pulau-pulau jika ada mengalami gejala atau terjangkit Covid-19 dengan mengevakuasinya menggunakan kapal yang sudah disiagakan.

Di pelabuhan itu juga ada disediakan jalur dan ruagan khusus observasi untuk masyarakat di sekitaran pulau-pulau Batam yang terjangkit Covid-19. Ruangan observasi itu jalannya tidak sama dengan jalan penumpang yang umum.

“Kita juga ada pos keamanan, ketahanan pangan, pos tanggap darurat untuk informasi. Jadi salah satu kriteria pelabuhan tangguh itu memang harus ada ambulance dan kapal siaganya,” jelasnya.

Lanjutnya, rencananya pelabuhan tangguh juga akan dibuat beberapa pelabuhan lainnya dan saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkannya, yakni seperti pelabuhan Batam Centre. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas