Bintan

Bupati Bintan Teken Kerjasama 15 Perusahaan – Kepri Terdepan


  • Upaya Menyerap Tenaga Kerja Lokal

Bintan (HK) – Bupati Bintan Apri Sujadi meneken MoU kerjasama dengan 15 perusahaan sekaligus yang ada di Bintan. Hal ini wujud komitmen dalam menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal di Bintan.

Penandatanganan MoU dilakukan di Auditorium Lantai 3 Wisma Bintan Inti Industrial Estate, Lobam, Senin (21/9) pagi.

Dengan adanya MoU ini, para pelamar kerja tidak perlu repot-repot mengantarkan berkas lamaran ke perusahaan. Sebab Pemkab Bintan melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan akan memfasilitasi hal tersebut.

‘Hari ini, kita melakukan MoU dengan memberikan laluan yang proporsional dan profesional, bagi tenaga kerja tempatan. Jadi pelamar tidak harus langsung mendatangi perusahaan akan kita fasilitasi ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan,” ujar Apri.

Ia mengatakan, bentuk MoU yang dilakukan akan ada beberapa regulasi yang mengatur terkait kebutuhan tenaga kerja. Diantaranya Pemkab Bintan dan tiap-tiap perusahaan akan saling memberikan informasi, baik terhadap pelatihan tenaga kerja maupun informasi kebutuhan tenaga kerja.

Kepala Disnaker Bintan Indra Hidayat menambahkan, untuk mendukung MoU tersebut, Disnaker Bintan saat ini menggesa aplikasi sistem layanan pencari kerja atau aplikasi siLancar. Sistem ini dibangun dan terintegrasi untuk memecahkan persoalan tenaga kerja lebih terukur.

Dijelaskannya juga bahwa, adanya siLancar, maka pencari kerja yang ingin mendapatkan kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja atau AKI tidak perlu lagi ke kantor Disnaker melainkan dapat lewat online.

“Beberapa kemudahan akan kita buat. Dengan adanya MoU ini, maka para tenaga kerja lokal bisa langsung ke Disnaker, dan akan kita informasikan mana perusahaan yang membutuhkan. Lalu kita juga sedang menggesa aplikasi Si Lancar, dan kita targetkan agar akhir tahun ini, aplikasi sudah selesai dibangun,” ujar Indra.

Lima belas perusahaan yang siap bekerjasama diantaranya PT BIIE, PT CCI Bintan, Peper Fuch Bintan, PT SBP, PT ESCO, PT AMC, PT Bionesia, PT Cedar, Centrotec, I-Pex, IS Premier, Singatac, Sanden, YEB dan PT A dan One. (oxy)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas