Batam

Dinas Kesehatan Batam Tunggu Kedatangan Vaksin Tahap IV – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Sebanyak 1.540 dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech Ltd asal Cina tahap III telah didistribusikan ke masyarakat Kota Batam.

Saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam masih menunggu kedatangan vaksin Covid-19 tahap IV.

Sebelumnya, vaksin Covid-19 tahap III didistribusikan kepada pejabat pemerintah, TNI, Polri, media dan sejumlah organisasi masyarakat lain. Sementara vaksin tahap keempat ini akan diperuntukan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan pekerja publik lainnya.

“Vaksin tahan III kemaren tidak ada sisa. Sesuai jadwal sudah kita distribusikan. Sekarang kita masih menunggu termin berikutnya,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi, Selasa (16/3/2021).

Dikatakan Didi, sambari menunggu vaksin tahap III itu, Dinkes minta agar lansia penerima vaksin ini mendaftar dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Yaitu www.kemkes.go.id dan website Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di covid19.go.id.

“Dikedua website tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Didalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi,” jelas Didi.

Lanjutnya, dalam mengisi data tersebut peserta lanjut usia dapat meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui Ketua RT atau RW setempat.

Bagi peserta atau sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia yang sudah sempat mengisi tautan tersebut, tak perlu khawatir karena pemerintah pastikan bahwa data dijamin aman dan tersimpan didalam data yang ada di Dinas Kesehatan.

“Setelah peserta mengisi data di website tersebut maka seluruh data peserta akan masuk ke dinas kesehatan, selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal, hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia,” paparnya.

Menurutnya, tidak ada syarat khusus bagi lansia yang akan mendapatkan vaksin Covid-19. Hanya saja, ada proses skrining khusus dan juga berbagai pertanyaan tambahan untuk memastikan kondisinya sebelum divaksin.

Selain menjawab seluruh pertanyaan pada proses skrining, khusus bagi lansia, akan ada tambahan pertanyaan. Diantaranya seperti, apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga, apakah sering merasa kelelahan.

Kemudian, apakah memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit (hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal). Apakah mengalami kesulitan berjalan kira-kira 100 sampai 200 meter, apakah mengalami penurunan berat badan dalam setahun terakhir. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas