Batam

TPA Belakang Padang Bakal Direvitalisasi, Semua Sampah Dipindahkan Ke TPA Punggur – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Belakang Padang bakal direvitalisasi tahun 2021 ini. Dana revitalisasi senilai Rp 3,8 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Herman Rozie mengatakan, revitalisasi TPA itu diikuti harapan untuk mencegah aktivitas buang sampah di laut yang akhirnya membuat laut tercemar.

Terlebih jika sampah tersebut sampah sulit urai seperti plastik dan stereofoam. kita ketahui Belakang Padang merupakan daerah pariwisata.

“Pulau ini bersejarah yang sering dikunjungi wistawan mancanegara. Mudah-mudahan membawa manfaat bagi Kota Batam,” ucap Herman Rozie, Rabu (17/2/2021).

Disampaikan Herman Rozie, Kementerian PUPR sudah menandatangani kontrak dan sekarang DLH menyiapkan rencana pemindahan sampah dari lokasi eksisting ke TPA Punggur.

Terkait ini, DLH selanjutnya mengajukan izin membawa alat berat yang akan dibawa ke Belakang Padang ke Kantor Beacukai, untuk diketahui Belakangpadang tidak termasuk dalam FTZ.

“Sampah dari sana nanti akan dibawa ke Telaga Punggur menggunakan moda laut. Setelah lokasi sekarang bersih, pengerjaan langsung dilakukan dan perlu waktu hingga 3 sampai empat bulan hingga selesai,” ujar Herman Rozie.

Menurutnya, revitalisasi TPST itu diajukan 2020 lalu, Pemko Batam melalui DLH Batam terus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder, koordinasi semacam ini juga dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

“Batam juga pernah dibantu pembangunan TPA Telaga Punggur senilai Rp 23 miliar. Tahun 2020, dari dana DAK pariwisata juga kita dibantu alat berat, pickup dan lainnya dengan nilai Rp 7 miliar,” bebernya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas