Karimun

Kajari Karimun Dorong Pameral Beri Pelatihan Kerja Bagi Pemuda – Kepri Terdepan


KARIMUN (HK)-Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karimun, Rahmat Azhar mendorong Ormas Pameral bisa memberikan pelatihan tenaga kerja bagi pemuda di Karimun, agar mampu bersaing dengan tenaga kerja luar sehingga menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Saya berharap Ormas Pameral bisa mendirikan semacam Balai Latihan Kerja kepada para pemuda. Jika mereka sudah punya skill, tentu akan mudah diterima bekerja di perusahaan-perusahaan asing yang ada di Karimun ini,” ujar Rahmat Azhar saat menerima kunjungan silaturahmi pengurus Pameral periode 2021-2025 di ruang kerjanya, Kamis (18/2/2021).

Kata Azhar, pelatihan yang diberikan nantinya harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Misalnya, jika perusahaan itu bergerak dalam bidang shipyard maka yang harus dibuat adalah pelatihan tentang perkapalan seperti latihan las termasuk juga pelatihan bahasa asing sesuai asal perusahaan itu.

“Intinya, Pameral harus mampu membaca atau memetakan apa yang menjadi kebutuhan bagi perusahaan tersebut. Jika perusahaan asing tersebut berasal dari Cina, maka berikan juga pelatihan bahasa mandarin ataupun bahasa Cina kepada pemuda. Sehingga, mereka cepat mendapat peluang di perusahaan itu,” jelasnya.

Rahmat Azhar bersedia memfasilitasi untuk mempermudah terwujudnya pelatihan tenaga kerja tersebut. Salah satu caranya dengan mendorong Pemerintah Kabupaten Karimun untuk menyediakan tempat, sarana dan prasarana maupun para pelatih yang memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Silakan sampaikan saja apa yang menjadi kebutuhan dalam mewujudkan balai latihan kerja tersebut. Saya akan siap untuk membantu. Kita bisa sampaikan kepada dinas terkait di pemerintah daerah agar menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh pemuda,” terangnya.

Ketua Pameral, Rusdi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Kajari Karimun yang telah bersedia meluangkan waktu menerima kunjungan silaturahmi jajaran pengurus Pameral. Kunjungan tersebut bagian dari anjangsana pengurus Pameral periode 2021-2025 kepada Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) Kabupaten Karimun.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Kajari Karimun yang telah menerima kunjungan kami ini dengan tangan terbuka. Bahkan, memberikan masukan kepada kami untuk memajukan organisasi Pameral ini ke depan,” ujar Rusdi.

Rusdi menyebut, semua masukan dan saran yang disampaikan Kajari Karimun tersebut sangat bermanfaat dalam membuka lapangan kerja bagi pemuda di Karimun, khususnya di Kecamatan Meral. Apa yang disampaikan Kajari akan menjadi pembahasan utama dalam rapat pengurus Pameral.

“Apa yang Pak Kajari sampaikan sangat berharga sekali bagi kami. Semua saran yang bapak sampaikan akan menjadi masukan dan menjadi pembahasan dalam rapat pengurus nantinya,” ungkap Rusdi.

Silaturahmi jajaran pengurus Pameral dengan Kajari Karimun tersebut juga dihadiri Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel), Susanto Martua dan Kepala Seksi Perdata Dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun), Dicky Saputra. (ham)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas