Karimun

Sambut HUT Pomal, Lanal Tarempa Lepas Penyu – Kepri Terdepan


Anambas (HK) – Lanal Tarempa melepas tukik (anak penyu) di pantai perairan Tarempa. Selain melestarikan satwa langka itu, pelepasan tukik juga dilakukan menjelang HUT ke-75 Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) yang jatuh pada 20 Februari 20201 mendatang.

Pelepasan penyu tersebut dipimpin langsung oleh Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, pada, Minggu (14/2/2020).

“Kita melepaskan tukik ke laut lepas sebagai upaya menjaga kelestarian satwa,” ujar Erfan.

Ia mengungkapkan, dalam kewilayahan Lanal Tarempa terdapat pulau konservasi penyu yaitu Pulau Jemaja serta memiliki satu penangkaran pelestarian Penyu di Letung yang sudah ada sejak tiga tahun belakangan ini.

Lebih jauh Erfan mengatakan, berdasarakan Undang-Undang No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem dan Ketentuan CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna), semua jenis penyu laut telah dimasukan dalam appendix I yang artinya perdagangan internasional penyu untuk tujuan komersil juga dilarang.

“Kita harus sadar bahwa pelestarian tukik diawali dari kesadaran dari diri kita dan merupakan tanggung jawab bersama. Mari bersama kita lestarikan satwa laut penyu sebagai budaya cinta reptil laut bercangkang,” tuturnya.

Hadir dalam acara Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra D, M. Tr. Hanla, M. M bersama seluruh Prajuirt Lanal Tarempa dan Pengurus Jalasenastri Cabang 3 Daerah Jalasenastri Armada I yang dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab. Kepulauan Anambas diantaranya Bupati Kepulauan Anambas, Kapolres Kepulauan Anambas, DPRD Kepulauan Anambas, Dandim 0318 Natuna diwakili Danramil 02 Tarempa, Lembaga Adat Melayu Tarempa, Imigrasi Kelas II Tarempa, Kejaksaan Negeri Ranai di Tarempa, Satuas Pengawas PSDKP Tarempa, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Tarempa, Lurah Tarempa dan lainnya.(yud/r)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas