Karimun

Selain Daging, Ini Makanan Sehat yang Kaya Protein – Kepri Terdepan


Protein banyak terdapat pada daging. Selain itu, ada juga makanan sehat lainnya yang kaya protein.
Protein adalah nutrisi penting bagi tubuh manusia. Ini merupakan salah satu blok bangunan jaringan tubuh dan juga dapat berfungsi sebagai sumber bahan bakar.

Sebagai bahan bakar, protein menyediakan kepadatan energi sebanyak karbohidrat, yakni 4 kilo kalori per gram. Sebaliknya, lipid menyediakan 9 kkal per gram.

Asupan protein memang bisa didapat dari makanan berbahan dasar daging hewan. Tapi bagi mereka yang sulit mendapatkannya, ada sejumlah alternatif. Oleh karena itu, protein hewani bisa diganti dengan nabati.

Berikut contoh makanan sehat kaya protein nabati yang bisa dikonsumsi, sebagaimana dirangkum dari Thedailymeal.

Pertama, Kacang Almond

Meski tinggi kalori, kacang almond memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Saat hendak mengolahnya, pilih almond yang masih mentah dan Anda bisa memanggangnya sendiri. Ini lebih baik dibanding membeli almond kemasan yang biasanya sudah dicampur dengan pemanis. Kacang almond juga dapat divariasikan ke berbagai resep lezat yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Kedua, Kacang chickpea

Kacang chickpea juga dikenal sebagai kacang garbanzo atau kacang arab. Bentuknya kecil, bulat, dan ujung runcingnya dengan warna sedikit kuning. Anda bisa mencampurkannya ke dalam campuran salad atau bisa ditumbuk sebagai campuran patty dengan paduan tepung, kacang kedelai, dan chickpea. Bisa juga dijadikan bubur menjadi hummus.

Ketiga, Kacang polong

Kacang polong juga memiliki kandungan protein nabati yang cukup banyak. Cara mengolah kacang polong cukup beragam. Terlebih di Indonesia memiliki banyak makanan berbahan kacang polong. Anda bisa membuat bubur atau mencampurkan kacang polong yang dihaluskan dengan minyak zaitun untuk dibuat pasta saus pesto atau olesan roti.

Keempat, Biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan salah satu benih tertinggi dengan kandungan protein. Maka itu, biji bunga matahari sangat ideal untuk dikonsumsi para vegan. Anda bisa memadukan biji bunga matahari ke dalam campuran smoothie atau salad. Teksturnya yang renyah akan memberi sensasi tersendiri ketika menyantap salad atau meminum smoothie-nya.*

(sumber: okezone.com)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas