Batam

Limbah Minyak Tanker Berceceran, Warga Pulau Labu Resah – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Masyarakat Pulau Labu, Kelurahan Batu Legong, Kecamatan Bulang atau tepatnya di depan pantai Dapur 12 Sagulung resah karena adanya limbah minyak dari kapal tanker berceceran di perairan laut pulau tersebut.

Kejadian tersebut diketahui pada, Senin (25/1/21) sekitar pukul 22.00 WIB malam lalu yang mengakibatkan warga sekitar khawatir timbulnya penyakit.

Limbah tersebut terbawa arus laut ke pemukiman warga sekitar hingga nelayan di kawasan itu susah melaut.

Diketahui ada sebuah kapal tanker yang tengah berlabuh jangkar tak jauh dari perusahaan PT Marcopolo yang berdekatan dengan pemukiman warga tersebut.

“Setelah dikonfirmasi, kata pihak kapal atau agen kapal berupa insiden atau tak sengaja,” kata Rudi, Ketua RT setempat.

Rudi mengatakan, akibat limbah minyak itu mereka tak bisa berbuat apa-apa selain mengadu pihak pemerintah dalam hal ini Dinas lingkungan Hidup (DLH) Batam. Tak hanya itu, mereka juga melaporkan kejadian ini ke Komisi III DPRD kota Batam.

“Sudah langsung kami laporkan ke pihak DLH Batam. Setelah itu kami juga akan laporkan lagi ke Komisi III DPRD Kota Batam untuk menindaklanjuti kejadian ini,” ujarnya lagi saat dikonfirmasi via WhatsApp, Jumat (29/1/21) pagi.

Masih lanjutnya, setelah ditanyakan ke pihak galangan kapal PT Marcopolo, namun malah melempar bola atau saling lempar masalah hingga saat ini limbah minyak itu belum dibersihkan.

“Mereka saling lempar bola. Ketika dikonfirmasi ke pihak agen kapal malah dilempar lagi ke pihak PT Marcopolo dan juga sebaliknya,” katanya lagi.

Sementara saat awak media konfirmasi soal kejadian tersebut, pihak perusahaan PT Marcopolo belum berhasil ditemui. Bahkan petugas sekuriti pun tak mengizinkan awak media masuk ke perusahaan untuk memperjelas soal limbah minyak tersebut.

Hingga berita ini diunggah, tokoh masyarakat setempat beserta perangkat RT RW Pulau Labu masih di kantor DLH Kota Batam untuk melaporkan kejadian tersebut. (ded).



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas