Lingga

BWSS IV Survey Lokasi Pembangunan Usulan Pemkab Lingga – Kepri Terdepan


Lingga (HK) – Menindaklanjuti usulan dan hasil pertemuan Plt Bupati Lingga, Muhamad Nizar dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV di Batam pekan lalu, hari ini, Kamis (28/1/2021) selama 2 hari tim satker PPK OP 2 BWS Sumatera IV didampingi Dinas PUPR Kabupaten Lingga melakukan survey beberapa lokasi di Kabupaten Lingga.

Beberapa tempat yang menjadi usulan di Kabupaten Lingga meliputi wilayah sepanjang Pantai Jagoh- Dabo, Sekop Laut – Dabo Lama serta Sungai Nona, Desa Senempek, Kecamatan Lingga Utara yang mengalami abrasi pantai yang parah, akibat gelombang dan air pasang tinggi beberapa waktu yang lalu.

PPK OP 2 , M. Ubaydillah Ema Maulqna ST,M.Eng menyampaikan, survey ini menindaklanjuti hasil kunjungan rombongan Bupati Lingga dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV di Batam beberapa hari lalu.

“Kami akan mengidentifikasi beberapa titik lokasi yang menjadi fokus pekerjaan nantinya, termasuk pembenahan aset break water di Dabo Lama yang merupakan aset BWS Sumatera IV,” katanya.

Nantinya, beberapa titik lokasi yang perlu penanganan mendesak akan disiapkan melalui anggaran kementerian pusat. Lokasi ini tidak saja berada di Kabupaten Lingga.

“Termasuk juga Bintan dan Natuna yang akan kita kejar ke pusat secepatnya,” tambahnya lagi.

Kepala Dinas PUPR melalui Kabid SDA Ardi.ST menjelaskan, pada 2017 Pemerintah Kabupaten Lingga pernah mengusulkan kegiatan seperti ini untuk pengaman pantai Jago – Dabo dengan anggaran lebih kurang Rp 30 miliar. Melalui anggaran tanggap darurat yang kala itu kerjakan oleh satker OP BWS Sumatera IV.

“Kita berharap tahun ini BWS Sumatera IV, melalui Satker OP juga bisa membantu kita terkait penanganan beberapa titik lokasi yang menjadi prioritas penanganan tanggap darurat khususnya di 3 lokasi yang ada di Kabupaten Lingga,” harapnya. (jef)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas