Karimun

Ombudsman Kepri: PT Moya Harus Perbaiki Layanan Pada Masyarakat – Kepri Terdepan


BATAM (HK) – Ombudsman Perwakilan Kepri meminta agar PT Moya memperbaiki pelayanan penyediaan air minum pada masyarakat Batam menyikapi keluhan-keluhan publik atas lonjakan tagihan yang tidak biasanya.

Kemudian juga bertambahnya rest area yang tidak teraliri air secara normal, kualitas air yang keruh dan pengelolaan pengaduan masyarakat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari kepada PT Moya Indonesia di kantor Ombudsman Kepri usai mendengar penjelasan Direkturnya Sutedi Raharjo, Rabu (13/1/2021) kemaren.

Dikatakan Lagat, Ombudsman juga menyoroti lemahnya sistem pengelolaan pengaduan pelanggan oleh PT Moya Indonesia, mengingat perusahaan ini masih baru sebagai operator, masyarakat belum sepenuhnya mengetahuinya.

Seharusnya operator melakukan publikasi yang luas kepada masyarakat dan membuka banyak kanal pengaduan dengan memamfaatkan teknologi informasi yang familiar dengan publik.

Hal yang tidak kalah penting mengelola dengan cepat dan benar seluruh pengaduan masyarakat. Polemik lonjakan tagihan air ini sudah terjadi sejak bulan Desember dan Januari, seharusnya tidak terjadi apabila PT Moya Indonesia telah mengantisipasi dengan baik.

“Bangunlah sebanyak mungkin komunikasi strategis dengan masyarakat sehingga tercipta komunikasi yang baik dan dapat menampung banyak keluhan atau masukan masyarakat,” ucap Lagat.

Ditegaskan Lagat, terhadap pengaduan masyarakat terkait lonjakan tagihan, dia berharap agar semua pengaduan diselesaikan dengan baik, pastikan bahwa kubikasi meteran pelanggan sesuai pada faktur tagihan.

“Apabila memang salah maka harus dikoreksi ulang. Namun apabilan benar tapi masyarakat mengeluhkan membengkaknya tagihan maka dapat saja diberikan keringan pembayaran dengan mencicil,” tuturnya.

Ditambahkannya, Ombudsman memahami posisi PT Moya Indonesia yang mengalami banyak kendala sebagai operator karena proses transisi yang kurang berjalan lancar beberapa waktu lalu.

“Namun kita berharap agar perusahaan ini cepat mengevaluasi dan terus memperbaiki pelayanannya kepada masyarakat,” pungkasnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas