Batam

Kepri Dapat Hibah 1 Mobil PCR Keliling – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Pemerintah Provinsi Kepri melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kepri mendapatkan 1 unit mobil Predator Surveilans dari hibah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan saat ini mobil Predator Surveilans tersebut telah sampai di Kota Batam.

Nantinya, mobil tersebut akan dioperasikan di Kota Batam untuk melakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap masyarakat.

“Mobil ini kita operasionalkan untuk wilayah Kota Batam terlebih dahulu. Mengingat, angka penyebaran COVID-19 di Batam setiap hari semakin meninggi,” ucap Isdianto, Sabtu, (9/1/2021).

Disampaikan Isdianto, mobil itu bisa melakukan pemeriksaan berbasis molekuler. Jadi efektif bisa dimana saja periksa PCR.

Dalam mobil tersebut fasilitas yang tersedia ialah alat PCR, automatic ekstraktor, Biosafety Cabinet, Laminair Airflow dan mesin Test Cepat Mokuler.

“Mobil ini sangat canggih, cukup efektif. Mobil ini bisa bekerja menerima 100 hingga 150 sampel setiap harinya. Sedangkan lama pemeriksaan sampel, 4 jam sudah diketahui hasilnya,” tutur Isdianto.

Lanjutnya, dia sudah menyiapkan tenaga medis yang berpengalaman untuk mengekpresikan mobil tersebut. Petugas mobil itu terdiri dari ada dua sopir sekaligus mekanik kelistrikan, 2 dokter, dan 4 analis.

“Serta dilengkapi tenaga analis yang difungsikan sebagai cadangan. Kita akan optimalkan mobil ini,” pungkasnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas