Batam

Kemenag Batam Gelar Dzikir, Istighosah, dan Khatam Qur’an – Kepri Terdepan


  • Sambut Hari Amal Bhakti ke-75 Kementerian Agama RI

Batam (HK) – Kementrian Agama (Kemenag) Kota Batam menggelar Dzikir, Istighosah, dan Khatam Qur’an dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama RI yang dilaksanakan di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kota Batam, pada, Kamis (31/12/2020).

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, H. Zulkarnain Umar, mengungkapkan, kegiatan kali ini diikuti oleh sekitar 50-70 orang peserta dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Acara seperti ini merupakan agenda tahunan Kemenag Batam dalam menyambut HAB Kemenag RI. Dan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena diselenggarakan di tengah kondisi pandemi. Dan acara ini juga dapat dilihat melalui live streaming yang telah kita siapkan,” terang Zulkarnain Umar.

Yang pasti, lanjut dia, kegiatan ini merupakan salah satu cara Kemenang memanjatkan rasa syukur pada Allah SWT karena sampai hari ini Kemenag masih eksis melayani kegiatan-kegiatan keagamaan masyarakat khusus di Kota Batam.

“Kami berdoa mengharap ridho Allah SWT agar seluruh pimpinan dan pegawai Kemenag diberi kekuatan dari Allah SWT untuk menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” tambahnya lagi.

 

Para peserta Dzikir, Istighosah, dan Khatam Qur’an dalam menyambut HAB ke-75 Kemenag RI. (istimewa)

Zulkarnain Umar juga mengatakan, dipilihnya acara di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kota Batam tersebut sekaligus untuk berdoa bersama agar gedung baru itu bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada calon tamu-tamu Allah SWT yang hendaknya melaksanakan umrah atau haji.

“Di gedung ini kita menyiapkan satu pintu bagi jamaah. Begitu calon jamaah datang, mulai pendaftaran hingga cek kesehatan akan dilakukan di gedung ini. Dan kita akan melaunching klinik pelayanan kesehatan haji dan umrah,” seraya mengatakan jika yang dilakukan oleh Kemenag Batam ini merupakan langkah untuk memberikan layanan terbaik bagi calon-calon tamu Allah SWT.

Dalam HAB tahun ini, dia juga menyampaikan, Kemenag Batam melaksanakan sejumlah kegiatan sosial, diantaranya anjangsana ke pondok pesantren dan panti asuhan.

“Kegiatan ini mengambil tema ‘Kemenag Berbagi’. Meski dalam kondisi pandemi, pegawai di Kemenag Batam bisa memberikan santunan kepada panti asuhan dan pondok pesantren. Sejalan dengan itu, kita juga memberikan santunan sembako kepada mualaf dengan kerjasama dengan Baznas Kota Batam. Program ini merupakan stimulus kepada mualaf untuk semakin kuat dalam mempertahankan akidahnya,” terang Zulkarnain lagi.

Tidak hanya itu, lanjut Kakan Kemenag Batam, pihaknya juga memberikan santunan kepada sebanyak 150 orang pada anak yatim yang secara simbolis sudah diberikan pada tiga orang perwakilan.

“Secara teknis, kita akan antar santunan itu ke tempat masing-masing termasuk juga untuk para mualaf. Ada petugas kita yang mengantarkan dari rumah ke rumah. Untuk kali ini kita tidak berkumpul ramai-ramai,” terangnya menambahkan.

Lalu, pada 5 Januari 2021, akan dilaksanakan upacara bendera memperingati HAB ke-75 Kemenag RI dengan inspektur upacaranya Walikota Batam.

“Selanjutnya, ada dialog bersama tokoh-tokoh agama. Kita ingin mendapatkan masukan untuk kebaikan Kemenag di hari-hari kedepan. Kita selalu membuka diri terhadap masukan yang bersifat membangun. Semoga Kemenag makin maksimal memberikan layanan kepada seluruh masyarakat,” pungkas Zulkarnain. (r)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas