Batam

Besok, 6 ABK WNI Dipulangkan Lewat Batam – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Sebanyak 6 orang anak buah kapal (ABK) Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di kapal ikan Zhaziang Halrong, Cina akan dipulangkan ke Indonesia lewat Kota Batam, Rabu (29/12/2020) besok.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyatakan siap memfasilitasi kepulangan 6 PMI tersebut, 1 orang diantaranya dikabarkan sudah meninggal dunia.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, pihaknya bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), KKP, KSOP, Guskamla, Bakamla dan Forkompinda telah melakukan rapat untuk mempersiapkan kepulangan PMI tersebut.

“Rencanya tiba besok sekitar jam 08.00 di Batam. Oleh karena itu rapat bersama stakeholder dilakukan agar nantinya tidak saling menunggu saat sudah tiba di Batam,” ucap Amsakar di kantor Walikota Batam, Selasa (29/12/2020).

Disampaikan Amsakar, 6 PMI tersebut bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) yang sudah lama berada di laut. Akibat adanya pandemi membuat para PMI ini harus dipulangkan ke Indonesia.

Atas permintaan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) para PMI tersebut akan dipulangkan melalui jalur laut Kota Batam. Karena itu pihaknya mengaku perlu melakukan koordinasi dengan stake holder yang ada.

“Sesama anak bangsa tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memfasilitasi kepulangan enam PMI ini,” tutur Amsakar.

Lanjutnya, Pemko bersama Forkompinda Batam akan membantu memberikan fasilitas kepulangan 6 PMI tersebut.

Namun, sebelum dipulangkan ke daerah asal, tentunya dengan standar protokol kesehatan yang sebagaimana selama ini dilakukan.

“Untuk yang meninggal akan langsung dilakukan otopsi di RS Bhayangkara. Sedangkan PMI yang lainnya akan ditampung oleh BP2MI di Baloi,” bebernya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas