Karimun

Ini Syarat Sekolah Hinterland di Batam yang Akan Melakukan Belajar Tatap Muka Januari 2021 – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, syarat yang harus dipenuhi pihak sekolah daerah hinterland di Batam yang akan melakukan belajar tatap muka mulai 4 Januari 2021, sekolah harus menyediakan sarana sanitasi bersih, memiliki tempat cuci tangan atau hand sanitizer, pihak sekolah mampu mengakses layanan kesehatan.

Wajib memakai masker, punya alat pengecek suhu badan, memiliki data riwayat kesehatan siswa dan guru serta mendapat persetujuan dari komite atau orang tua.

“Dari semua syarat ini, pihak sekolah sudah siap, tinggal menunggu surat pernyataan dari orang tua,” ucap Amsakar setelah melakukan pertemuan dengan kepala sekolah dan guru daerah hinterland di Dataran Engku Putri Batam Center, Rabu (23/12/2020).

Dijelaskan Amsakar, surat pernyataan tersebut sifatnya wajib. Bagi orang tua yang keberatan untuk menjalankan sekolah tatap muka masih diperbolehkan menjalankan proses belajar secara daring atau belajar dari rumah.

“Kalau sudah siap semua, 4 Januari kita mulai belajar di kelas untuk Kecamatan Belakang Padang, Bulang dan Galang. Kemudian ada dua pulau yakni Seraya di Sekupang dan Ngenang di Nongsa yang juga dibuka,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Kota Batam, Jefridin mengatakan, penerapan sekolah tatap muka tersebut akan dilakukan dua bulan tahap pertama. Jika hal tersebut dinilai berhasil, maka akan dilakukan seterusnya.

“Ini akan menjadi percontohan bagi sekolah yang ada di mainland. Kalau di hinterland berhasil, bisa diterapkan di mainland,” ucap Jefridin.

Lanjutny, belajar tatap muka itu, tidak ada waktu istirahat, setiap kelas bagi TK atau PAUD hanya 5 murid.

Untuk jenjang SD dan SMP hanya 18 siswa saja. Selain itu, setiap sekolah membuat jarak tempat duduk siswa 1,5 meter.

“Guru juga dilarang mondar mandir, saat mengajar cukup di depan saja. Selanjutnya, olahraga yang sifatnya bersentuhan tidak diperbolehkan,” pungkasnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas