Karimun

Apa Strategi Sandiaga Kembangkan Sektor Pariwisata? – Kepri Terdepan


Sandiaga Uno telah ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga mengaku memiliki dua strategi dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif setelah dihantam pandemi covid-19. Pertama, inovasi.

“Strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian,” ucap Sandiaga dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (22/12).

Dia menjelaskan strategi inovasi perlu dilakukan untuk memetakan potensi bisnis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan inovasi, pelaku usaha bukan cuma bisa bertahan, tapi juga menangkap peluang bisnis.

Kedua, kolaborasi. Sandiaga mengaku akan bekerja sama dengan berbagai pihak, dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kolaborasi dengan semua pihak, universitas, masyarakat, dunia usaha, teman-teman Kadin, Hipmi, dan seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor ini,” jelas Sandi.

Diketahui, Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama yang sebelumnya duduk di kursi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Industri pariwisata dan ekonomi kreatif telah terpukul beberapa waktu terakhir akibat pandemi covid-19.

Wabah itu membuat banyak negara membatasi pergerakan di ruang publik dan memberlakukan kebijakan lockdown. Beberapa tempat pariwisata pun ditutup sementara demi mencegah penularan covid-19.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia cuma 158,19 ribu kunjungan pada Oktober 2020. Angkanya turun 88,25 persen dibandingkan dengan Oktober 2019.

Secara kumulatif Januari-Oktober 2020, jumlah kunjungan wisman sebanyak 3,72 juta kunjungan. Angka itu berkurang 72,35 persen dibandingkan kunjungan wisman pada periode yang sama tahun berjumlah 13,45 juta kunjungan.*

(sumber: cnnindonesia.com)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas