Batam

26 Paguyuban Meriahkan Upacara HUT Ke-191 Batam – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Sebanyak 26 paguyuban dengan pakaian adat masing-masing tampil pada acara pawai budaya upacara peringatan Hari Jadi ke-191 Kota Batam, Jumat (18/12/2020) di Dataran Engku Putri Batam Centre.

Selain dari paguyuban, juga tampil dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam dan Lembaga Adat Melayu (LAM).

Masing-masing peserta pawai menampilkan pakaian adat hingga kesenian daerah asal. Seperti dari Banten, saat di depan panggung utama, menampilkan kesenian debus.

Tak hanya dari Banten, daerah lain yang berpartisipasi dalam pawai budaya tersebut yakni Riau, Jawa Timur, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Aceh, Jawa Barat, Jakarta.

Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tangah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Bali, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Maluku Utara.

Upacara tersebut dipimpin langsung Walikota Batam, Muhammad Rudi. Dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam.

“Momentum peringatan Hari Jadi Batam kali ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19,” ucap Rudi.

Disampaikan Rudi, upacara HUT itu momentum bersama menghormati jasa pendiri Kota Batam, para pendahulu yang sudah menjadikan Batam modern hingga saat ini.

“Saya mengajak suluruh masyarakat Batam, bersama melawan Covid-19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Agara Batam bebas dari Covid-19,” tutur Rudi.

Selain itu lanjutnya, dia juga minta masyarakat untuk bersama-sama menjaga kerukunan di Batam mengingat daerah ini adalah miniaturnya Indonesia.

“Kita ingin Batam tetap kompak dan mampu menjaga kesatuan di tengah berbedaan yang ada.
Ini demi pembangunan daerah ini. Maka, kita harus menjaga kerukunan Batam,” imbuhnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas