Batam

Kenaikan Harga Cabai Picu Inflasi di Kota Batam – Kepri Terdepan


Batam (HK) – Badan Pusat Statistik (BPS) Batam mencatat inflasi November sebesar 0,32 persen. Bila dihitung sepanjang tahun yakni Januari-November 2020, inflasi tahun kalender tercatat sebesar 0,07 persen.

Kepala BPS Kota Batam, Rahmad Iswanto mengatakan, inflasi pada November 2020 didorong oleh peningkatan harga beberapa komoditas.

Seperti cabai merah dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,128 persen, bawang merah 0,124 persen, cabai rawit 0,034 persen dan telur ayam 0,024 persen.

“Komoditas yang dominan memberikan andil sumbangan inflasi, yaitu cabai merah, bawang merah, cabai rawit dan telur ayam ras,” ucap Rahmad Iswanto, Minggu (13/12/2020).

Disampaikan Rahmad Iswanto, dari 370 komoditas yang menyusun inflasi Kota Batam, 64 komoditas mengalami kenaikan harga dan 57 komoditas mengalami penurunan harga.

Inflasi yang yang terjadi di bulan November 2020 ini disebabkan oleh naiknya indeks harga empat kelompok yaitu transportasi, kelompok makanan, minuman dan tembakau, perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga serta kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar.

Sebaliknya, empat kelompok mengalami penurunan indeks harga yaitu perawatan pribadi dan jasa lainnya, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, kelompok pakaian dan alas kaki serta kelompok kesehatan.

“Sedangkan tiga kelompok lainnya tidak mengalami perubahan harga,” tuturnya. (dam)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas