Karimun

Pemprov Kepri Galakkan Tanam Satu Miliar Pohon Kelapa – Kepri Terdepan


Tanjungpinang (HK) – Pemerintah Provinsi Kepri mengatakan akan menggalakkan menanam satu miliar pohon kelapa dalam setahun di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Pjs Gubernur Provinsi Kepri Bahtiar Baharuddin saat sesaat setelah melakukan Penanaman Pohon di seputar Kantor DP3AP2KB dan Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (12/11).

Bahtiar mengatakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan melakukan penanaman pohon. Untuk Provinsi Kepri yang memiliki 96 persen lautan daripada daratan pohon Kelapa sangat lah penting dan berpotensi terbesar.

“Pulau-pulau kita ini kalau tidak dilindungi sekitarnya maka akan terjadi abrasi pantai dan lama-lama akan hilang daratannya. Makanya hari ini kita lakukan penanaman, yang mudah-mudahan langkah kecil ini bisa menimbulkan kesadaran dan gerakan bersama melindungi daratan yang kita tempati,” jelasnya.

Khusus Kepulauan Riau yang merupakan daerah maritim dengan laut yang luas sudah seharusnya memiliki identitas selain sebagai daerah penghasil hasil laut juga sebagai daerah penghasil kelapa terbaik dan terbesar untuk skala Nasional.

Bahtiar yakin mimpinya ini bisa terwujud jika setiap kepala daerah di Kepri punya komitmen yang kuat dan bergerak bersama melakukan gerakan industrialisasi pohon kelapa atau penanaman pohon kelapa dengan target 1 milyar pohon kelapa yang ditujukan untuk industri dengan tujuan ekspor ke Luar Negeri.

“Pulau kita kurang lebih 2.408 pulau, jika kita bergerak menanam bersama maka 1 miliar pohon kelapa bukan hal yang mustahil. Saat ini sangat ironis sekali karena industri pengolahan kelapa telah ada di Batam dan Bintan namun tidak kita manfaatkan,” tegas Bahtiar

Terlebih, kata Bahtiar, minggu depan ini dia diajak Menteri Pertanian untuk launching ekspor perdana kelapa ke Luar negeri dari Batam, yang ternyata kelapanya dari Riau dan Jambi, bukan Kepri. Peluang peluang ini yang harus kita tangkap untuk kemajuan dan kesejahteraan Kepri.

Disela-sela kegiatan penanaman pohon ini Bahtiar juga menyempatkan diri untuk melihat-lihat batik khas kepulauan Riau hasil karya ibu-ibu yang merupakan binaan DP3AP2KB.

Selain itu dirinya juga melakukan sidak pelayanan terpadu satu pintu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Provinsi Kepulauan Riau. Peninjauannya pun diakhiri setelah melihat museum mini koleksi barang-barang peninggalan kerajaan melayu terdahulu di Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau.

Penanaman pohon ini disejalankan dengan aktivitas Jalan Santai Pjs. Gubernur bersama pejabat dan staf serta ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Aktivitas Jalan Santai bermula dari Jembatan 2 Dompak, menuju ke bundaran Lambang Provinsi kepulauan Riau , kemudian ke Kantor DP3AP2KB dan berakhir di kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau

Jika Kantor DP3AP2KB Dirjen Polpum Kemendagri ini melakukan penanaman pohon kelapa maka di Dinas Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau dirinya menanam pohon buah Durian Musangking. (efr)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas