Karimun

Posal Takong Iyu Karimun Sosialisasi Prokes Pada Masyarakat Pesisir – Kepri Terdepan


KARIMUN (HK)-Anggota Pos TNI AL (Posal) Takong Iyu jajaran Lanal Tanjungbalai Karimun melaksanakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat pesisir dan nelayan yang mendiami Kelurahan Pasirpanjang, Kecamatan Meral Barat, Selasa (10/11/2020).

Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan, penerapan protokol kesehatan bagi nelayan dan masyarakat pesisir yang mendiami wilayah kerja Posal Takong Iyu untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Hari ini, jajaran Posal Takong Iyu melaksanakan sosialisasi penerapan protokol kesehatan sekaligus pembagian masker secara gratis kepada masyarakat. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19,” ujar Maswedi.

Kata Maswedi, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan angota Posal Takong Iyu dalam penerapan protokol kesehatan, diantaranya pembagian masker di wilayah kerja Posal Takong Iyu dan pembagian masker serta dan mensosialisasikan kepada masyarakat setempat.

“Seluruh jajaran Posal Takong Iyu berperan aktif dalam pencegahan penularan Covid-19. Kami tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat, termasuk juga nelayan, penumpang dan ABK boat pancung untuk tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan yaitu memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” terang Maswedi.

Dikatakan, Posal Takong Iyu yang berada di depan Selat Malaka, merupakan wilayah perbatasan antara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Maka dari itu, dirinya mengingatkan kepada nelayan agar jangan sampai memasuki wilayah teritorial negara lain.

“Kami ingatkan kepada seluruh nelayan yang biasa mencari ikan di sekitar perairan Takong Iyu, agar berhati-hati saat melaut. Jangan sampai kita memasuki wilayah perbatasan negara luar,” jelasnya.

Selain itu, juga pihaknya mengingatkan nakhoda dan juga penumpang boat pancung agar selalu menjaga keselamatan berlayar selama berada di laut.

“Sebelum berlayar atau ke laut, agar memperhatikan cuaca. Jika Cuaca buruk, agar menunda keberangkatan hingga cuaca aman atau reda. Jika dalam pelayaran cuaca buruk, agar berlindung di tempat aman. pompong dan boat pancung, agar dilengkapi alat keselamatan berlayar seperti life jacket, pelampung maupun jerigen, dan juga HP untuk komunikasi cepat,” ungkap Maswedi.

Menurut dia, jika terjadi sesuatu di laut, agar menghubungi Pos TNI AL Takong Iyu. Saat Patroli di Laut, jika terjadi kerawanan tindak Pidana, unsur Kapal Angkatan Laut Lanal Tanjungbalai Karimun akan bergerak langsung ke lokasi.

“Kami juga mengingatkan kepada masyarakat maupun ABK boat pancung agar melarang membawa barang-barang ilegal seperti narkoba dan barang berbahaya lainnya,” pungkasnya. (ham)

 



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas