Tanjung Pinang

Pjs Gubernur Kepri: Jadilah Pahlawan dengan Berbagi Masker – Kepri Terdepan


Tanjungpinang (HK) – Pjs. Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin mengajak seluruh masyarakat Kepri untuk menjadi pahlawan di peringatan Hari Pahlawan pada 10 November dengan berbagi masker kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Bahtiar saat mengikuti Bhakti Sosial dan Ziarah Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan 2020 di Taman Makam Pahlawan Dwikora, Tanjunguban, Kabupaten Bintan, Rabu (04/11/2020).

Bahtiar menceritakan bahwa wilayah Kepri ini dulunya adalah daerah pertempuran antara para raja-raja terdahulu dengan para penjajah yang berasal dari Inggirs dan Belanda yang ingin merebut Selat Malaka yang sejak lama telah dikenal sebagai wilayah lalulintas strategis perdagangan dunia.

Demi mempertahankan wilayah ini, jelas Bahtiar, banyak pahlawan yang gugur di medan pertempuran. Dan banyak dari mereka yang meninggal dan tidak ditempatkan di makam pahlwan ini.

Sejatinya semua pejuang tersebut adalah pahlawan dan patut diberikan rasa hormat dan melanjutkan perjuangan yang telah mereka mulai.

“Hendaknya kita sebagai masyarakat harus lebih peduli kepada para leluhur dan pejuang, setidaknya dengan ziarah ini kembali kita memaknai perjuangan dan pengorbanan yang telah mereka lakukan,” jelasnya.

Pada masa pandemi ini Bahtiar mengajak setiap warga Kepri untuk menjadi pahlawan kemanusiaan dengan turut terlibat dalam pembagian 5 juta masker secara serentak di Kepri yang dipusatkan di Batam bertepatan dengan hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.

”10 November ini kita jadikan momentum bersejarah. Saya ajak semua warga Kepri tanpa terkecuali. Kami panggil jiwa dharma bhaktinya serta keihlasannya menjadi pahlawan kemanusiaan untuk membagikan masker bagi lingkungan sekitarnya,” ajaknya.

Bahtiar mengajak Kepri memberi contoh kepada daerah lain bahkan dunia bahwa masyarakatnya adalah pahlawan sebenarnya di situasi saat ini dengan membagikan masker. Karena masker alat pertahanan paling minimum untuk mencegah penularan covid. Tanpa masker penularan bisa merajalela dan memusnahkan peradaban manusia.

Perjuangan melawan covid-19 menurut Bahtiar, tidak dapat dilakukan olehnya sendiri, namun butuh kerjasama dan keterlibatan semua pihak untuk memberikan pemahaman bahwa virus ini harus diputus mata rantainya sehingga tidak menyebar dan membahayakn umat manusia.

“Perjuangan melawan virus ini tidak bisa dilakukan hanya 1 kelompok saja. Saatnya sekarng ini, kita bergandengan tangan bersama seluruh komponen baik pemerintah, swasta, komintas dan seluruh masyarakat untuk melawan agar virus ini segera hilang dan musnah,” tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan ini Pjs. Bupati Bintan Buralimar, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Riau Doli Boniara, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Juniadi, Tokoh Pejuang Pembentukan Kepulauan Riau Datok H. Huzrin Hood, Perwakilan Legiun Veteran, FKKPI, Pemuda Panca Marga serta Perwakilan Siswa SMA/ SMP Kabupaten Bintan.(efr)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas