Karimun

Ketahanan Pangan Selama Pandemi, Jalasenastri Lanal TBK Tanam Sayuran Hidroponik – Kepri Terdepan


KARIMUN (HK)-Untuk menjaga ketahanan pangan selama masa pandemi covid-19 ini, ibu-ibu Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Lanal Tanjungbalai Karimun menerapkan pola tanam dengan cara hidroponik. Tanaman hidroponik tersebut dibangun di Green House Hidroponik Komplek TNI AL RE Martadinata, Bukit Senang, Tanjungbalai Karimun.

Kegiatan penanaman hidroponik tersebut dihadiri Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi bersama Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I, Ny Dewi Maswedi, Dandenpom Lanal TBK Kapten Laut (PM) Agus Riyadi, Paspotmar Lanal Tbk Lettu Laut (P) Hendriyono, anggota Jalasenastri dan Potmar Lanal TBK, Jumat (23/10/2020).

Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I, Ny Dewi Maswedi mengatakan, tujuan dilaksanakan penananam dengan cara hidroponik ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan pangan bagi anggota Jalasenastri Lanal Tanjungbalai Karimun. Jeni sayur yang ditanam adalah sawi pokcoy dan sawi kaylan.

“Untuk saat ini, jumlah sayuran sawi pokcoy dan sawi kaylan yang ditanam sebanyak 200 bibit. Sementara ini, kita kembangkan di lingkungan Lanal dulu, namun tidak menutup kemungkinan ke depannya kita kembangkan ke masyarakat. Untuk hasil panennya, Insya Allah akan kita distribusikan kepada internal Lanal dan masyarakat sekitar,” ujar Dewi Maswedi.

Menurut Dewi, Lanal Tanjungbalai Karimun merupakan salah satu pangkalan TNI AL yang melaksanakan kegiatan pertahanan Laut dan keamanan Laut serta melaksanakan Binpotnaskuatmar diwilayah Kabupaten Karimun.

Dengan itu, Lanal TBK menyampaikan sosialisasi terhadap personel Lanal TBK untuk memanfaatkan aset di lahan Komplek milik Lanal TBK untuk dijadikan lahan cocok tanam dalam rangka ketahanan pangan guna menghadapi efek pandemi Covid-19 yang saat ini sedang mewabah khususnya di wilayah Kabupaten Karimun.

“Penanaman sayur dengan pola hidroponik ini merupakan kerjasama antara prajurit Lanal Tanjungbalai Karimun dengan Jalasenastri. Untuk perawatannya, akan dilakukan pergantian jaga antara prajurit dengan ibu-ibu pengurus Jalasenastri,” pungkasnya. (ham)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas