Natuna

Satu Warga Meninggal Karena Corona, Natuna Masuk Zona Kuning – Kepri Terdepan


Natuna (HK) – Natuna masuk zona kuning setelah seorang warga, Z, yang meninggal dunia di RSUD Natuna diketahui positif terinfeksi corona.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan covid- 19 Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah saat konfrensi pers di Rumah Makan Grai, Ranai, Senin (19/10), mengatakan, almarhum Z merupakan warga Ranai kelahiran 2 April 1952. Awalnya yang bersangkutan datang berobat ke RSUD Natuna dengan keluhan batuk, pilek dan sesak nafas. Setelah dilakukan pemeriksaan rapid test hasilnya menunjukkan rektif virus. Kemudian dilakukan foto thorax, hasilnya terdapat bercak-bercak pneumonia.

“Kemudain dilakukan isolasi di RSUD. Sesuai dengan protap kesehatan dilakukan swab dan swabnya kami kirim ke Batam pada 16 Kemarin, namun, yang bersangkutan meninggal,” tutur Hikmat.

Almarhum dimakamkan dengan protokol covid-19 di pemakaman wilayah Pring, Keluarahan Bandarsyah Ranai pada, Jumat 16 Oktober.

“Dan pada Ahad malam, 18 Oktober sekitar pukul 22.00 WIB kami menerima hasil swabnya dan ternyata hasilnya positif. Almarhum ini tidak ada riwayat perjalanan ke luar daerah, tapi mungkin karena ada kontak dengan ABK Kapal yang dari luar kebetulan yang bersangkutan kerja di pelabuhan,” sambung Hikmat.

Ia mengatakan, hal ini otomatis mengubah status Natuna dari zona hijau menjadi zona kuning karena sudah ditemukan postif.

“Ya sekarang sudan zona kuning karena ada satu orang yang ditemukan positif corona. Tapi nanti bisa saja kembali lagi ke zona hijau apabila hasil tracing menunjukkan tidak ada hasil yang positif. Swab keluarganya besok kita kirim, dan kepada siapa saja yang pernah kontak dengan almarhum agar dapat ikut rapid test secara sukarela,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Natuna agar tetap mematuhi protokol 4 M (menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan) agar terhindar dari corona.

“Antisipasi dampak terburuk kita akan melakukan tracing besar-besaran dan menyetop kedatangan orang. Dan kami berharap semua pihak dapat mematuhi aturan kesehatan agar kita terhindar dari virus corona,” tutupnya. (fat)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas