Tanjung Pinang

Drainase Kampung Banjar Baru Dibangun Melalui Program Padat Karya – Kepri Terdepan


TANJUNGPINANG (HK) – Kampung Banjar Desa Gunung Kijang Kecamatan Gunung Kijang, Bintan kini tengah dibangun saluran drainase untuk mencegah terjadinya banjir di daerah tersebut

Pembangunan saluran drainase ini bersumber pusat dari Kementerian Desa yang disalurkan ke masing-masing desa tahun ini.

Ketua RT 01 RW 01 Kampung Banjar Baru Desa Gunung Kijang Kecamatan Gunung Kijang, Fredy mengatakan, saluran drainase yang dibangun saat ini dengan panjang sekitar 272 meter dengan masa 30 hari kerja, merupakan program padat kerja dari Kementerian Desa yang di bagi ke desa-desa, termasuk di kampung tersebut.

“Kita berterima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang telah membantu dibangunnya saluran drainase ini, sehingga banjir yang yang terjadi kalau hujan di kampung kami bisa teratasi,” ungkap Ferdy, kemarin.

Fredy yang juga sebagai pengawas pekerjaan tersebut menyebutkan bahwa saluran air yang dibangun ini mempekerjakan warga setempat, termasuk juga ibu-ibu membantu dengan cara bergotong royong.

Pembangunan saluran air ini juga merupakan kegiatan padat karya perbatasan antara Kijang dan Kalang Batang, untuk mencegah meluapnya air bila turun hujan. Selama ini sebelum adanya saluran air tersebut, bila hujan deras turun, maka air meluap dan menggenangi jalan.

“Setelah pembangunan saluran drainase ini selesai, kita juga berharap kepada pemerintah untuk membangun jalan di kampung ini sebagai akses untuk bisa menggabungkan dua RT. Sehingga kalau jalan tersebut bisa mempermudah warga menggunakan fasilitas tersebut, apalagi penduduk kita saat ini sudah berjumlah 234 KK,” kata Fredy.

Kegiatan ini juga sebagai program dalam pemulihan ekonomi ditengah pandemic Covid-19 dengan cara swadaya masyarakat setempat. (Zuk)



Sumber

Klik untuk berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Ke Atas